Mencintai budaya dan wisata dalam negeri

Sabtu, 08 Januari 2011

Taman Nasional Ujung Kulon – Jawa Barat

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling ujung barat Pulau Jawa, termasuk dalam Propinsi Jawa Barat


Taman nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa dan satwa langka lainnya. Di dalam Taman Nasional Ujung Kulon terdapat kurang lebih 700 jenis tumbuhan, termasuk diantaranya tumbuhan langka dan berbagai macam jenis anggrek.
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya/sejarah (Arca Ganesha, di
Gunung Raksa Pulau Panaitan). Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain.
Taman Nasional Ujung Kulon bersama Cagar Alam Krakatau merupakan asset nasional, dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.
Di dalam taman nasional, ada tempat-tempat yang dikeramatkan bagi kepentingan kepercayaan spiritual. Tempat yang paling terkenal sebagai tujuan ziarah adalah gua Sanghiang Sirah, yang terletak di ujung Barat semenanjung Ujung Kulon.
Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
Tamanjaya dan Cibiuk.
Pintu masuk utama dengan fasilitas pusat informasi, wisma tamu, dermaga, sumber air panas.
Penginapan:
Sunda Jaya Homestay – Desa Taman Jaya – Ujung Kulon – Banten, Indonesia – Kontak : Bp. Komaruddin (Hp : 0818 0618 1209) – Rate Rp. 50.000/malam
Pantai Kalejetan, Karang Ranjang, Cibandawoh.
Fenomena gelombang laut selatan dan pantai berpasir tebal, pengamatan tumbuhan dan satwa.
Pulau Peucang. (+/- 3 jam dari Sumur)
Pantai pasir putih, terumbu karang, perairan laut yang biru jernih yang sangat ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, memancing, snorkeling dan tempat ideal bagi pengamatan satwa satwa rusa di habitat alamnya.
Penginapan :
Cottage milik PT. Wanawisata Alam Hayati – Rate : mulai dari Rp 200.000 s.d Rp 600.000 per malam (pakai AC)


2 komentar: